Slide 1

Go to reading quran.

Slide 2

Bolehkah melihat kemaluan pasangan.

Slide 3

Bolehkah Suami menyusu istri.

Slide 4

Hadiah Fatekhah dan Tahlilan.

Slide 5

Bolehkan Ibu Hamil Ziarah Kubur.

06 Maret 2022

Khotbah Jum'at Terkini : Semangat Hidup dalam Islam


الْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ إِيَّاهُ نَعْبُدُ وَلَهُ نُصَلِّى وَنَسْجُدُ وَإِلَيْهِ نَسْعَى وَنَحْفِدُ، نَرْجُوْ رَحْمَتَهُ وَنَخْشَى عَذَابَهُ إِنَّ عَذَابَهُ الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ. أَشْهَدُ أن لاَّ إِلَهَ إِلاًّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيَّ وَلاَ رَسُوْلَ بَعْدَهُ، قَدْ أَدَّى اْلأَمَانَةَ وَبَلَّغَ الرِّسَالَةَ وَنَصَحَ اْلأُمَّةَ وَجَاهَدَ فِيْ سَبِيْلِهِ حَقَّ جِهَادِهِ ,أَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلى سَيِّدِنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا مُحمَّدٍ, سَيِّدِ المُرْسَلِيْن, وَإِمَامِ الْمُهْتَدِيْن وَ قَائِدِ الْمُجَاهِدِيْن, وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن. رَبِّ اشْرَحْ لِيْ صَدْرِيْ وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْا قَوْلِيْ. أَمَّا بَعْد. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ: يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُوْنَ. وَقَالَ: يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوْا رَبَّكُمُ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيْرًا وَنِسَآءً وَاتَّقُوا اللهَ الَّذِيْ تَسَآءَلُوْنَ بِهِ وَاْلأَرْحَامَ إِنَّ اللهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيْبًا. وَقَالَ: وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَى. وَقَالَ النَّبِيُ : اِتَّقِ اللهَ حَيْثُ مَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بَخُلُقٍ حَسَنٍ. (رواه الترمذي، حديث حسن).




Ma’asyiral Muslimin  rohimakumulloh. 

Minongko purwokoning atur, keparengo kawulo ngajak dumateng awak soho keluargo kulo piyambak lan umumipun dumateng panjenengan sedoyo engkang hadir lan mirengaken khutbah meniko, monggo sesarengan sami ningkataken raos ajrih dumateng ngerso dalem Allah SWT kanthi nebihi awisan-awisanipun lan nglampahi punopo ingkang dipun dawuhaken.


Wahai saudaraku kaum muslimin....

Pernahkah Anda merasakan kebingungan, khawatir, ketakutan, dan putus asa saat menghadapi sebuah tantangan yang berat, baik itu masalah atau memiliki target yang sangat tinggi?  Semua orang mungkin pernah mengalami ini. Justru jika Anda belum pernah menghadapinya, ada masalah pada diri Anda. Bisa di pastikan Gerak Anda kurang, usaha Anda kurang, daya juang Anda kurang.  Semua orang yang memiliki cita-cita atau impian yang tinggi, mungkin pernah mengalami hal ini. Atau seseorang yang berani mengambil resiko, kemudian kegagalan menerpa, bisa jadi pernah menghadapi kondisi seperti ini.


Kabar gembira bagi anda yang pernah menghadapi tantangan berat, adalah bahwa ada pertumbuhan dan perkembangan pada diri anda disana. Anda akan lebih baik setelah melaluinya. Sementara, yang tidak pernah mengalaminya tidak akan mendapatkan kemajuan. Kuncinya adalah, tidak menyerah meski menghadapi tantangan sebesar apa pun. Jika menyerah, tidak akan ada pelajaran yang anda dapatkan. 

Pada khutbah hari ini, saya akan berbagi bahawa ada 7 ayat al-qur’an diantara sekian banyak ayat yang Saya yakin, akan memotivasi saya  dan Anda agar tetap berjuang, tetap bertahan, dan tidak menyerah dalam menghadapi tantangan yang berat.

Ayat #1: Anda Bisa Berubah, Jika Anda Mau Mengubah Diri Anda

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri”. (Q.S. Ar-Ra’d:11)

Apa pun kondisi Anda saat ini, jika Anda mau berubah, maka Anda harus mengubah diri sendiri. Maka Allah akan mengubah Anda. Inilah yang sering dilupakan, banyak yang berharap orang lain atau yang diluar berubah, tetapi melupakan diri sendiri yang diubah. Disarankan Untuk Anda: ayat ini menjadi Motivasi Hidup Sejati. Ayat ini memotivasi kita untuk mengubah diri kita, maka yang lain akan berubah atas bantuan Allah. Jangan hanya menuntut yang diluar diri berubah. Anda jauh lebih mudah mengubah diri sendiri, daripada mengubah orang lain. Ayat ini adalah motivasi untuk berubah.  Memang sungguh aneh kita ini, banyak yang ingin berubah tetapi tidak mau mengubah dirinya sendiri.


Ayat #2: Kebaikan Dibalik Yang Tidak Kita Sukai

“Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui“ (Q.S. Al-Baqarah:216)

Sering kali, saat seseorang mendapati sesuatu yang tidak dia sukai, maka dia marah, kecewa, sedih, ngomel, dan akhirnya putus asa. Padahal, bisa jadi apa yang tidak dia sukai itu malah baik baginya. Jangan kecewa saat Anda tidak diterima di sebuah perusahaan untuk menjadi karyawannya. Bisa jadi itu yang terbaik bagi Anda. Bisa jadi Anda akan mendapatkan perkerjaan lebih baik. Bisa jadi, justru akan mendapatkan hal buruk jika diterima diperusahaan itu. Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi. Untuk itu, syukuri apa pun yang terjadi saat ini termasuk penolakan dan kekecewaan lainnya. Jangan putus asa, berbaik sangkalah kpd Allah, bahwa Dia akan memberikan yg terbaik bagi kita.

Ayat #3: Anda Pasti Sanggup

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Q.S. Al-Baqarah: 286)


Jika Anda mengatakan, “saya tidak akan sanggup”, sebenarnya Anda sudah mendahului Allah. Anda sok tahu, bahwa Anda tidak akan mampu. Kata siapa? Itu hanya pemikiran negatif Anda. Bisa karena malas, manja, atau cengeng. Padahal jelas, dalam ayat diatas bahwa kita tidak akan dibebani beban apa pun kecuali sesuai dengan kesanggupan kita. Jika Anda berpikir tidak sanggup, itu hanya anggapan Anda saja. Anda pasti sanggup jika Anda menyanggupinya. Jangan kalah oleh pikiran negatif Anda yang dengan mudah mengatakan tidak sanggup.


Ayat #4 dan #5: Kemudahan Bersama Kesulitan

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (Q.S. Al-Insyirah: 5-6)

Kebanyakan orang, saat menghadapi kesulitan, dia berhenti alias menyerah. Ada juga yang mengeluh, berharap orang lain mau membantunya mengatasi kesulitan dia. Padahal, bersama kesulitan itu adalah kemudahan. Jika Anda menghindari kesulitan, Anda tidak akan mendapatkan kemudahan. Jika Anda berharap orang lain yang mengatasi kesulitan, maka kemudahan akan menjadi milik orang lain. Anda tidak akan mendapatkan kemudahan dari kematangan, keterampilan, dan pengalaman yang didapatkan. Perhatikan ayat di atas, ada kata “sesungguhnya”, artinya sebuah penguatan atau penegasan akan kalimat sebelumnya.


Ayat #6 dan #7: Takwa dan Tawakal

“Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rizki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakkal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya” (Q.S. Ath-Thalaq: 2-3)


Dua  akhlaq ini luar biasa. Tidak ada yang bisa mengalahkannya. Sedang menghadapi masalah atau tantangan besar? Butuh jalan keluar? Maka bertakwalah, Allah akan memberikan jalan keluar juga rezeki yang tidak ia sangka. Jika kekuatan tawakal, Anda akan dicukupkan, termasuk dicukupkan segalanya untuk menghadapi rintangan, halangan, tantangan, dan juga masalah. 

Mudah-mudahan dengan rajin membaca dan merenungi makna ketujuh ayat diatas akan menjadikan kita semua menjadi pribadi yang pantang menyerah. Hafalkan ayat-ayat diatas dan bacalah sambil merenungi maknanya saat Anda sedang menghadapi tantangan atau masalah. Insya Allah Anda akan mendapatkan motivasi luar biasa. 



اَعُوْذُ باِلله مِنَ الشَّيْطاَنِ الرَّجِيْمِ   بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ.

باَرَكَ اللهُ ليِ وَلَكُمْ فيِ ْالقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ – وَنَفَعَنيِ وَإِياَّكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذِّكْرِ اْلحَكِيْمِ – وَتَقَبَّلَ مِنيِّ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْم – أَقُوْلُ قَوْليِ هَذَا وَاسْتَغْفُرُ اللهَ اْلعَظِيْم ليِ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ اْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَات وَاْلمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَات فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ اْلغَفُوْرُ الرَّحِيْمِ.



Khutbah II

 

َلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا وَحَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا  مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا ,اَمَّا بَعْدُ; فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى .وَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ. وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. 

عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته



______________________________________selesai___________________________________








Share:

25 Desember 2016

Wanita haid membaca al-Qur'an




Mati tidak mengenal kompromi. Kapapun bisa datang, dimanapun bisa terjadi. Dan mati juga tidak bisa ditawar apalagi dimajukan waktunya 'fala yasta'khiruna sa'atan wa la yastaqdimun'. Begitulah aturan dari Yang Maha Kuasa. Dia yang memberi penghidupan Dia pula yang berhak mencabutnya kembali. Kapanpun dia suka.
 
"Sehubungan dengan mati, maka ta'ziyah dan tahlil sebagai acara do'a bersama tidak bisa dilewati. Meskipun banyak orang yang mengatakan do'a untuk orang mati tidak sampai, tetap saja keluarga tidak tega untuk tidak mendoakannya".
 
Apalagi jika si mayit itu ayah, suami, kakak atau adik yang memiliki peran dan kontribusi pada kehidupan kita. Apalagi yang dapat kita berikan kepadanya selain do'a. Uang, emas, mobil tidak dapat dia bawanya ke alam kubur. Bahkan harta yang dikumpulkannya selama hidupnya malah akan segera dibagi-bagi sebagai warisan. Sungguh kasihan jika mayit tidak kita bekali dengan do'a, dan sungguh tega jika hanya do'apun kita tidak memberikannya.

Namun sekali lagi kematian datang sesuka hati, dia tidak tahu ternyata istri, adik, kakak, ataupun emak yang ditinggalkan dalam keadaan hadats besar. Seringkali mereka bingung bolehkah berkirim do'a membaca surat ikhlas dan Fatihah, jika dalam keadaa haidh. Padahal mayit kesayangan sangat membutuhkan do'anya?
Mengenai hal ini I'anatuht Thaibin menerangkan dengan jelas:

وإن قصد الذكر وحده أو الدعاء أو التبرك أو التحفظ أو أطلق فلا تحرم لأنه عند وجود قرينة لا يكون قرأنا إلا بالقصد ولوبما لا يوجد نظمه فى غير القرأن كسورة الإخلا

"Apabila ada tujuan berdzikir saja atau berdo'a, atau ngalap berkah atau menjaga hafalan, atau tanpa tujuan apapun (selama tidak berniat membaca al-Qur'an) maka (membacaal-qu'an bagi perempuan haidh) tidak diharamkan. Kerena ketika dijumpai suatu qarinah, maka yang dibacanya itu bukanlah al-Qur'an kecuali jika memang dia sengaja berniat membaca al-Qur'an. Walaupun bacaan itu seseungguhnya adalah bagian dari alqur'an semisal surat al-ikhlas".

Demikianlah seseungguhnya seorang yang sedang haidh diperbolehkan membaca al-Qur'an selama tidak diniatkan untuk berzikir maupun berdo'a demikian pula membaca tahlil dan tahmid dan takbir. Bahakan dalam kitab al-Mizanul Kubra diterangkan dengan tegas bahwa Imam Malik memperbolehkan wanita haidh membaca al-Qur'an.
Share:

19 Februari 2016

Bolehkah seorang suami menyusu keistrinya atau menetek kepada Istrinya?

Apakah hal itu bila di lakukan tidak mengakibatkan kegagalan nikah karna telah menjadi mahram? Yang kemudian Istrinya berganti status sebagai Ibunya? Begitukah yang terjadi bila di lakukan?
Baiklah mari kita telusuri sumber hukumnya, yang mana Allah telah memberikan garis-garis yang jelas dalam Firmannya, tentu saja walaupun disini kami sebut dengan kata menjelaskan, tetapi kita harus tetap meninjau penjelasan Ulama dalam masalah Hukum, Karena sudah jelas Ulama lebih faqih daripada kita yang tidak jelas kapasitasnya. Adapun Firman itu sebagai berikut :
 
{ نساؤكم حرث لكم فأتوا حرثكم أنى شئتم } 
قال يقول يأتيها من حيث شاء مقبلة أو مدبرة إذا كان ذلك في الفرج

"Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. (QS. 2:223). Disebutkan maksudnya gaulilah ia sesukamu baik dari depan atau belakang asalkan semuanya mengarah pada farjinya". [Al-Muhaddzab II/62]



الاستمتاع واجب على الرجل للمرأة إذا انتفى العذر، بما يحقق الإعفاف والصون عن الحرام، وتباح كل وجوه الاستمتاع إلا الإتيان في الدبر فهو حرام. ومكان الوطء باتفاق المذاهب: هو القبل، لا الدبر (1) ، لقوله تعالى: {نساؤكم حرث لكم، فأتوا حرثكم أنى شئتم} [البقرة:223/2] (2) أي على أية كيفية: قائمة، أو قاعدة، مقبلة، أو مدبرة، في أقبالهن (3) . قال ابن عباس: إنما قوله: {فأتوا حرثكم أنى شئتم} [البقرة:223/2]. قائمة، وقاعدة، ومقبلة، ومدبرة، في أقبالهن، لا تعدو ذلك إلى غيره. وله عبارة أخرى في الآية: إن شئت فمقبلة، وإن شئت فمدبرة، وإن شئت فباركة، وإنما يعني ذلك موضع الولد للحرث، يقول: ائت الحرث حيث شئت.

Menggauli hukumnya wajib bagi seorang suami pada istrinya bila tanpa adanya udzur untuk menjauhkan dan menjaga dari dari keharaman, dan diperbolehkan senggama dalam berbagai cara asalkan bukan pada lubang anusnya karena ini haram. Tempat yang digunakan ‘bercinta’ menurut kesepakan ulama adalah kelaminnya bukan duburnya, berdasarkan firman Allah ta’aalaa :

Istri-istrimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok-tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. (QS. 2:223). Artinya dengan berbagai macam cara dan gaya : Berdiri, duduk, dari depan, belakang asal dikelaminnya.

Berkata Ibn Abbas ra. “maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. (QS. 2:223). Artinya dengan berbagai macam cara dan gaya : Berdiri, duduk, dari depan, belakang asal dikelaminnya jangan melampaui batas pada yang selain kelamin.

Ibn Abbas juga punya pernyataan lain sehubungan ayat ini “Bila kamu ingin gaya dari depan silahkan, Bila kamu ingin gaya dari belakang silahkan, Bila kamu ingin gaya setengah menderumpun silahkan, aku mengartikannya khusus pada tempat lahirnya anak (kelamin), datangilah dengan gaya sesukamu”[Al-Fiqh al-Islaam IV/191].

Kemudian di saat bercumbu tiba-tiba Air susu istri sengaja ditelan apakah hal itu tidak menyebabkan menjadi Mahram? Mari kita lebih fokus dengan penjelasan Ulama, bagaimana Feqih menjelaskan hal ini. Dalam kitab Fathul Mu’in di sebutkan : Syarat-syarat menyusu yang menjadikan mahram ada 5, kami bahas salah satunya saja :

[1] Usia anak yang menyusu tidak lebih dari 2 tahun Hijriyah. Hal ini didasarkan ayat :



ﻭَﺍﻟْﻮَﺍﻟِﺪَﺍﺕُ ﻳُﺮْﺿِﻌْﻦَ ﺃَﻭْﻟَﺎﺩَﻫُﻦَّ ﺣَﻮْﻟَﻴْﻦِ ﻛَﺎﻣِﻠَﻴْﻦِ ﻟِﻤَﻦْ ﺃَﺭَﺍﺩَ ﺃَﻥْ ﻳُﺘِﻢَّ ﺍﻟﺮَّﺿَﺎﻋَﺔَ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟُﻮﺩِ ﻟَﻪُ ﺭِﺯْﻗُﻬُﻦَّ ﻭَﻛِﺴْﻮَﺗُﻬُﻦَّ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ﻟَﺎ ﺗُﻜَﻠَّﻒُ ﻧَﻔْﺲٌ ﺇِﻟَّﺎ ﻭُﺳْﻌَﻬَﺎ ﻟَﺎ ﺗُﻀَﺎﺭَّ ﻭَﺍﻟِﺪَﺓٌ ﺑِﻮَﻟَﺪِﻫَﺎ ﻭَﻟَﺎ ﻣَﻮْﻟُﻮﺩٌ ﻟَﻪُ ﺑِﻮَﻟَﺪِﻩِ ﻭَﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻮَﺍﺭِﺙِ ﻣِﺜْﻞُ ﺫَﻟِﻚَ ﻓَﺈِﻥْ ﺃَﺭَﺍﺩَﺍ ﻓِﺼَﺎﻟًﺎ ﻋَﻦْ ﺗَﺮَﺍﺽٍ ﻣِﻨْﻬُﻤَﺎ ﻭَﺗَﺸَﺎﻭُﺭٍ ﻓَﻠَﺎ ﺟُﻨَﺎﺡَ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻤَﺎ ﻭَﺇِﻥْ ﺃَﺭَﺩْﺗُﻢْ ﺃَﻥْ ﺗَﺴْﺘَﺮْﺿِﻌُﻮﺍ ﺃَﻭْﻟَﺎﺩَﻛُﻢْ ﻓَﻠَﺎ ﺟُﻨَﺎﺡَ ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﺳَﻠَّﻤْﺘُﻢْ ﻣَﺎ ﺁَﺗَﻴْﺘُﻢْ ﺑِﺎﻟْﻤَﻌْﺮُﻭﻑِ ﻭَﺍﺗَّﻘُﻮﺍ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻭَﺍﻋْﻠَﻤُﻮﺍ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﺑِﻤَﺎ ﺗَﻌْﻤَﻠُﻮﻥَ ﺑَﺼِﻴﺮٌ (233)

“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut.

Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. Al-Baqarah-233) Dalam hadits yang diriwayatkan Imam Daruqutni dari Sahabat Ibn Abbas Rasulullah SAW bersabda:

ﻻَ ﺭَﺿَﺎﻉَ ﺇِﻻَّ ﻣَﺎ ﻛَﺎﻥَ ﻓِﻰ ﺍﻟْﺤَﻮْﻟَﻴْﻦِ

“Tidak ada hukum persusuan kecuali dalam usia kurang dari dua tahun” Air susu berasal dari perempuan yang sudah berumur 9 tahun Hijriyah.

Keluarnya susu pada waktu masih hidup. Susu yang diminum sampai keperut besar atau otak si anak. Masuknya air susu di waktu sianak dalam keadaan hidup dan tidak kurang dari lima kali susuan. Karenanya, bila seorang lelaki dewasa yang minum susu istrinya hal ini tidak berpengaruh terhadap hukum mahram, dalam arti istrinya tidak menjadi ibu susuan.


Namun bila suaminya adalah seorang bayi yang kurang dari 2 tahun (mungkin ini belum pernah terjadi, namun tetap sah secara syariat) dan memenuhi syarat di atas maka dia menjadi anak susuan, istrinya menjadi ibu rodho’ dan status pernikahannya batal.

Contoh : seorang anak bayi yang belum genap 2 tahun dinikahkan dengan janda yang baru melahirkan. Kemudian istri menyusui suami kecilnya sampai lima kali susuan maka status pernikahannya batal, status istri berubah menjadi ibu rodlo’, mantan suaminya menjadi ayah rodlo’, dan suami kecilnya menjadi anak rodlo’.[2]



أما إن كان كبيرا زائدا على الحولين ورضع فإن رضاعه لا يعتبر وذلك لقوله تعالى : { والوالدات يرضعن أولادهن حولين كاملين }

Orang yang sudah dewasa (diatas usia 2 tahun) saat menyusu tidak menjadikan nasab dengan yang menyususui.[Al-Fiqh ‘ala Madzaahi al-Arba’ah IV/126].

penjelasan Imam Malik didalam Muattho'nya sebagai berikut :

عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ أَبَا مُوسَى الْأَشْعَرِيَّ فَقَالَ إِنِّي مَصِصْتُ عَنْ امْرَأَتِي مِنْ ثَدْيِهَا لَبَنًا فَذَهَبَ فِي بَطْنِي فَقَالَ أَبُو مُوسَى لَا أُرَاهَا إِلَّا قَدْ حَرُمَتْ عَلَيْكَ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ انْظُرْ مَاذَا تُفْتِي بِهِ الرَّجُلَ فَقَالَ أَبُو مُوسَى فَمَاذَا تَقُولُ أَنْتَ فَقَالَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مَسْعُودٍ لَا رَضَاعَةَ إِلَّا مَا كَانَ فِي الْحَوْلَيْنِ فَقَالَ أَبُو مُوسَى لَا تَسْأَلُونِي عَنْ شَيْءٍ مَا كَانَ هَذَا الْحَبْرُ بَيْنَ أَظْهُرِكُمْ
موطأ مالك (4/ 0)

Dari Yahya bin Sa’id berkata, “Seorang lelaki bertanya kepada Abu Musa Al Asy’ari; “Saya pernah menetek pada payudara isteriku hingga air susunya masuk ke dalam perutku?” Abu Musa menjawab; “Menurutku isterimu setatusnya telah berubah menjadi mahram kamu.” Abdullah bin Mas’ud pun berkata; “Lihatlah apa yang telah kamu fatwakan kepada lelaki ini! ” Abu Musa bertanya; “Bagaimana pendapatmu dalam hal ini?” Abdullah bin Mas’ud berkata; “Tidak berlaku hukum penyusuan kecuali bila masih pada masa dua tahun.” Kemudian Abu Musa berkata; “Janganlah kalian menanyakan suatu perkara kepadaku selama orang alim ini (Ibnu Mas’ud) masih berada di tengah-tengah kalian.”[Al-Muattho']

Sedikit kami beri petunjuk biar tidak sepotong-potong seperti itu, adapun pendapat pertanyakan masalah menyusui di waktu besar, yang di singgung dalam kutipan anda hanyalah menyebabkan dibolehkannya berkhalwat. Benar itu adalah pendapat Ibnu Taimiyah, Ibnu Qayim, Shan’ani, dan Syaukani. Ada dalam (Ibnu Taimiyah, Majmu’ al Fatawa :34/ 60, As Syaukani, Nail al Authar, Riyadh, Dar al Nafais, Juz : 6/ 353, As Shon’ani, Subulu as Salam,Beirut, Dar al Kutub al Ilmiyah, 1988, Cet ke -1, Juz 3/ 407).

Akan tetapi pendapat itu menduduki pendapat minoritas, yakni sangat menyelisihi dan berlawanan dengan jumhur Ulama'. Adapun pendapat Ulama yang Mu'tabar, kuat dan sangat unggul adalah tetap tidak bisa. Bahwa menyusui waktu besar tidak bisa menjadikan mahram. Ini adalah pendapat istri-istri Rasullahshallallahu ‘alaihi wasallam, dan mayoritas ulama dari kalangan para sahabat, tabi’in, dan pendapat dari madzhab Malikiyah, Syafi’yah serta Hanabilah. (Az Zaila’i, Tabyinu Al Haqaiq : 2/182 , Al Kasynawi, Ashalu al Madarik : 2/ 213, As Syafi’I, Al Umm : 5/ 48 , Al Bahuti, Ar Raudh Al Murabbi, hlm : 515).

Salah satu hadits yang menunjukan adalah "Aisyah" radliyallahu ‘anha, bahwasanya ia berkata:


دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْدِي رَجُلٌ قَالَ يَا عَائِشَةُ مَنْ هَذَا قُلْتُ أَخِي مِنْ الرَّضَاعَةِ قَالَ يَا عَائِشَةُ انْظُرْنَ مَنْ إِخْوَانُكُنَّ فَإِنَّمَا الرَّضَاعَةُ مِنْ الْمَجَاعَةِ

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menemuiku dan saat itu disampingku ada seorang pemuda. Beliau bertanya: “Wahai Aisyah, siapakah orang ini?” Aku menjawab: “Ia saudara sesusuanku”. Beliau bersabda: “Wahai Aisyah teliti lagi, siapa sebenarnya yang menjadi saudara-saudara kalian yang sebenarnya, karena sesusuan itu terjadi karena kelaparan.” (HR. Bukhari no: 2453).

Hadist di atas menunjukkan bahwa susuan yang menyebabkan seseorang menjadi mahram adalah susuan dikarenakan lapar (maja’ah) yaitu pada waktu kecil. Penjelasan semacam ini bisa dilihat pada: Al Nihayah fi Gharib al Hadist wa al Atsar (Ibnu al Atsir (544 H-606 H), Mekkah, Dar Al Baaz: 1/316) Oleh karenanya, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tidak senang melihat Aisyah bersama laki-laki yang barangkali bukan satu susuan waktu kecil. (Ibnu Qayyim, Zaad al Ma’ad: 5/516).

 
Tapi perlu di perhatikan juga hadist ini :

حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ وَابْنُ أَبِي عُمَرَ قَالَا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ الْقَاسِمِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ جَاءَتْ سَهْلَةُ بِنْتُ سُهَيْلٍ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي أَرَى فِي وَجْهِ أَبِي حُذَيْفَةَ مِنْ دُخُولِ سَالِمٍ وَهُوَ حَلِيفُهُ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْضِعِيهِ قَالَتْ وَكَيْفَ أُرْضِعُهُ وَهُوَ رَجُلٌ كَبِيرٌ فَتَبَسَّمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ قَدْ عَلِمْتُ أَنَّهُ رَجُلٌ كَبِيرٌ زَادَ عَمْرٌو فِي حَدِيثِهِ وَكَانَ قَدْ شَهِدَ بَدْرًا وَفِي رِوَايَةِ ابْنِ أَبِي عُمَرَ فَضَحِكَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Telah menceritakan kepada kami 'Amru An Naqid dan Ibnu Abi Umar keduanya berkata; Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin 'Uyainah dari Abdurrahman bin Qasim dari ayahnya dari Aisyah dia berkata; Sahlah binti Suhail datang menemui Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, dia berkata; Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya melihat di wajah Abu Hudzaifah (ada sesuatu) karena keluar masuknya Salim ke rumah, padahal dia adalah pelayannya. Maka Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: Susuilah dia. Dia (Sahlah) berkata; Bagaimana mungkin saya menyusuinya, padahal dia telah dewasa? Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam terenyum sambil bersabda: Sungguh saya telah mengetahuinya kalau dia telah dewasa. Dalam haditsnya 'Amru menambahkan; Bahwa dia telah ikut serta dalam perang Badr. Dan dalam riwayatnya Ibnu Abu Umar lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tertawa.[HR.muslim No : 2636].


 
Referensi:


[1] ﻓﺘﺢ ﺍﻟﻤﻌﻴﻦ ) –ﺝ / 3 ﺹ )329  ﺗﻨﺒﻴﻪ( ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﻭﺻﻮﻝ ﻟﺒﻦ ﺁﺩﻣﻴﺔ ﺑﻠﻐﺖ ﺳﻦ ﺣﻴﺾ، ﻭﻟﻮ ﻗﻄﺮﺓ، ﺃﻭ ﻣﺨﺘﻠﻄﺎ ﺑﻐﻴﺮﻩ – ﻭﺇﻥ ﻗﻞ – ﺟﻮﻑ ﺭﺿﻴﻊ ﻟﻢ ﻳﺒﻠﻎ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻳﻘﻴﻨﺎ ﺧﻤﺲ ﻣﺮﺍﺕ ﻳﻘﻴﻨﺎ ﻋﺮﻓﺎ، ﻓﺈﻥ ﻗﻄﻊ ﺍﻟﺮﺿﻴﻊ ﺇﻋﺮﺍﺿﺎ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺸﺘﻐﻞ ﺑﺸﺊ ﺁﺧﺮ ﺃﻭ ﻗﻄﻌﺘﻪ ﺍﻟﻤﺮﺿﻌﺔ ﺛﻢ ﻋﺎﺩ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﻴﻬﻤﺎ ﻓﻮﺭﺍ ﻓﺮﺿﻌﺘﺎﻥ، ﺃﻭ ﻗﻄﻌﻪ ﻟﻨﺤﻮ ﻟﻬﻮ ﻛﻨﻮﻡ ﺧﻔﻴﻒ ﻭﻋﺎﺩ ﺣﺎﻻ ﺃﻭ ﻃﺎﻝ ﻭﺍﻟﺜﺪﻱ ﺑﻔﻤﻪ ﺃﻭ ﺗﺤﻮﻝ ﻭﻟﻮ ﺑﺘﺤﻮﻳﻠﻬﺎ ﻣﻦ ﺛﺪﻱ ﻵﺧﺮ ﺃﻭ ﻗﻄﻌﺘﻪ ﻟﺸﻐﻞ ﺧﻔﻴﻒ ﺛﻢ ﻋﺎﺩﺕ ﺇﻟﻴﻪ ﻓﻼ ﺗﻌﺪﺩ ﻓﻲ ﺟﻤﻴﻊ ﺫﻟﻚ، ﻭﺗﺼﻴﺮ ﺍﻟﻤﺮﺿﻌﺔ ﺃﻣﻪ، ﻭﺫﻭ ﺍﻟﻠﺒﻦ ﺃﺑﺎﻩ. ﻭﺗﺴﺮﻱ ﺍﻟﺤﺮﻣﺔ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺿﻴﻊ ﺇﻟﻰ ﺃﺻﻮﻟﻬﻤﺎ ﻭﻓﺮﻭﻋﻬﻤﺎ ﻭﺣﻮﺍﺷﻴﻬﻤﺎ ﻧﺴﺒﺎ ﻭﺭﺿﺎﻋﺎ، ﻭﺇﻟﻰ ﻓﺮﻭﻉ ﺍﻟﺮﺿﻴﻊ – ﻻ ﺇﻟﻰ ﺃﺻﻮﻟﻪ ﻭﺣﻮﺍﺷﻴﻪ – ﻭﻟﻮ ﺃﻗﺮ ﺭﺟﻞ ﻭﺍﻣﺮﺃﺓ ﻗﺒﻞ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﺃﻥ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺃﺧﻮﺓ ﺭﺿﺎﻉ ﻭﺃﻣﻜﻦ ﺣﺮﻡ ﺗﻨﺎﻛﺤﻬﻤﺎ، ﻭﺇﻥ ﺭﺟﻌﺎ ﻋﻦ ﺍﻻﻗﺮﺍﺭ ﺃﻭ ﺑﻌﺪﻩ ﻓﻬﻮ ﺑﺎﻃﻞ، ﻓﻴﻔﺮﻕ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ. ﺭﻭﺍﺋﻊ ﺍﻟﺒﻴﺎﻥ /1/271 ﻣﺎ ﻫﻲ ﻣﺪﺓ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻤﻮﺟﺐ ﻟﻠﺘﺤﺮﻳﻢ ﺫﻫﺐ ﺟﻤﻬﻮﺭ ﺍﻟﻔﻘﻬﺎﺀ ﻣﺎﻟﻚ ﻭﺍﻟﺸﺎﻋﻲ ﻭﺍﺣﻤﺪ ﺍﻟﻰ ﺍﻥ ﺍﻟﺮﺿﺎﻋﺔ ﺍﻟﺬﻱ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻪ ﺣﻜﻢ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻭﻳﺠﺮﻱ ﺑﻪ ﻣﺠﺮﻯ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻣﺎ ﻳﺤﺮﻡ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺴﺐ ﻫﻮ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻭﺍﺳﺘﺪﻟﻮﺍ ﺑﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ “ﻭﺍﻟﻮﺍﻟﺪﺍﺕ ﻳﺮﺿﻌﻦ ﺍﻭﻻﺩﻫﻦ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻛﺎﻣﻠﻴﻦ.

” ﻭﺑﻤﺎ
ﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﺭﺿﻲ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻬﻤﺎ “ﺍﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺎﻝ ﻻ ﺭﺿﺎﻉ ﺍﻻ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻮﻟﻴﻦ .“
ﻭﺫﻫﺐ ﺍﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﺍﻟﻰ ﺍﻥ ﻣﺪﺓ ﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﺍﻟﻤﺤﺮﻡ ﺳﻨﺘﺎﻥ ﻭﻧﺼﻒ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ “ﻭﺣﻤﻠﻪ ﻭﻓﺼﺎﻟﻪ ﺛﻼﺛﻮﻥ ﺷﻬﺮﺍ.,” ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﻼﻣﺔ ﺍﻟﻘﺮﻃﺒﻲ “ﻭﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻻﻭﻝ ﻟﻘﻮﻟﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺣﻮﻟﻴﻦ ﻛﺎﻣﻠﻴﻦ .“ ﻭﻫﺬﺍ ﻳﺪﻝ ﻋﻠﻰ ﺍﻥ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﺍﻥ ﻻ ﺣﻜﻢ ﻟﻤﻦ ﺍﺭﺗﻀﻊ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺩ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺤﻮﻟﻴﻦ ﻭﻟﻘﻮﻟﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ

“ﻻ ﺭﺿﺎﻉ ﺍﻻ ﻣﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺣﻮﻟﻴﻦ”


 ﻭﻫﺬﺍ ﺍﻟﺨﺒﺮ ﻣﻊ ﺍﻻﻳﺔ ﻭﺍﻟﻤﻌﻨﻰ ﻳﻨﻔﻲ ﺭﺿﺎﻋﺔ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ ﻭﺍﻧﻪ ﻻ ﺣﺮﻣﺔ ﻟﻪ
ﻭﻗﺪ ﺭﻭﻱ ﻋﻦ ﻋﺎﺋﺸﺔ ﺍﻟﻘﻮﻝ ﺑﻪ ﻭﺑﻪ ﻳﻘﻮﻝ ﺍﻟﻠﻴﺲ ﺑﻦ ﺳﻌﺪ ﺍﻧﻪ ﻳﺮﻯ ﺭﺿﺎﻉ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ ﻭﺭﻭﻱ ﻋﻨﻪ ﺍﻟﺮﺟﻮﻉ ﻋﻨﻪ.]

[2] ﺭﻭﺿﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻭﻋﻤﺪﺓ ﺍﻟﻤﻔﺘﻴﻦ - )
ﺝ / 3 ﺹ (275 ﻭﻟﻮ ﻛﺎﻧﺖ ﺗﺤﺘﻪ ﻛﺒﻴﺮﺓ ﻓﻄﻠﻘﻬﺎ ﻓﻨﻜﺤﺖ ﺻﻐﻴﺮﺍً ﻭﺃﺭﺿﻌﺘﻪ ﺑﻠﺒﻦ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﺃﺑﺪﺍً ﻛﻤﺎ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻷﻧﻬﺎ ﺯﻭﺟﺔ ﺃﺑﻴﻪ.ﻭﻟﻮ ﻧﻜﺤﺖ ﺻﻐﻴﺮﺍً ﻓﻔﺴﺨﺖ ﻧﻜﺎﺣﻪ ﺑﻐﻴﺒﺔ ﺛﻢ ﻧﻜﺤﺖ ﺁﺧﺮ ﻓﺄﺭﺿﻌﺖ ﺍﻷﻭﻝ ﺑﻠﺒﻦ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﺍﻧﻔﺴﺦ ﻧﻜﺎﺣﻬﺎ ﻭﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺃﺑﺪﺍً ﻷﻥ ﺍﻷﻭﻝ ﺻﺎﺭ ﺍﺑﻨﺎً ﻟﻠﺜﺎﻧﻲ ﻓﻬﻲ ﺯﻭﺟﺔ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻭﺯﻭﺟﺔ ﺃﺑﻲ ﺍﻷﻭﻝ. ﻭﻟﻮ ﺯﻭﺝ ﻣﺴﺘﻮﻟﺪﺗﻪ ﺑﻌﺒﺪﻩ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻓﺄﺭﺿﻌﺘﻪ ﺑﻠﺒﻦ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﺣﺮﻣﺖ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻭﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﻣﻌﺎً ﺃﺑﺪﺍً ﻭﺣﻜﻰ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺤﺪﺍﺩ ﺃﻥ ﺍﻟﻤﺰﻧﻲ ﻧﻘﻞ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﺃﻧﻬﺎ ﻻ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻭﺃﻥ ﺍﻟﻤﺰﻧﻲ ﺃﻧﻜﺮﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ ﺟﺮﻯ ﺍﺑﻦ ﺍﻟﺤﺪﺍﺩ ﻭﺍﻷﺻﺤﺎﺏ ﻓﺠﻌﻠﻮﺍ ﻧﻘﻞ ﺍﻟﻤﺰﻧﻲ ﻏﻠﻄﺎً ﻗﺎﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺃﺑﻮ ﻋﻠﻲ ﻟﻜﻦ ﻳﻤﻜﻦ ﺗﺨﺮﻳﺞ ﻣﺎ ﻧﻘﻞ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ ﻓﻲ ﺍﻟﻌﺒﺪ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺇﺟﺒﺎﺭﻩ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻗﻮﻝ ﻓﻲ ﺃﻥ ﺃﻡ ﺍﻟﻮﻟﺪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﺗﺰﻭﻳﺠﻬﺎ ﺑﺤﺎﻝ ﺃﻭ ﻋﻠﻰ ﻭﺟﻪ ﺫﻛﺮ ﺃﻧﻪ ﻻ ﻳﺠﻮﺯ ﻟﻠﺴﻴﺪ ﺗﺰﻭﻳﺞ ﺃﻣﺘﻪ ﺑﻌﺒﺪﻩ ﺑﺤﺎﻝ ﻓﺈﻧﺎ ﺇﺫﺍ ﻟﻢ ﻧﺼﺤﺢ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻋﻠﻰ ﺃﺣﺪ ﻫﺬﻩ.ﺍﻵﺭﺍﺀ ﻟﻢ ﺗﻜﻦ ﺯﻭﺟﺔ ﺍﻹﺑﻦ ﻓﻼ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ.ﻭﻟﻮ ﺃﺭﺿﻌﺘﻪ ﺑﻠﺒﻦ ﻏﻴﺮ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﺍﻧﻔﺴﺦ ﻧﻜﺎﺣﻪ ﻷﻧﻬﺎ ﺃﻣﺔ ﻭﻻ ﺗﺤﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﻷﻧﻪ ﻟﻢ ﻳﺼﺮ ﺍﺑﻨﺎً ﻟﻪ ﻭﻛﺬﺍ ﻟﻮ ﺃﺭﺿﻌﺖ ﺍﻟﻤﻄﻠﻘﺔ ﺍﻟﺼﻐﻴﺮ ﺍﻟﺬﻱ ﻧﻜﺤﺘﻪ ﺑﻐﻴﺮ ﻟﺒﻦ ﺍﻟﺰﻭﺝ ﺍﻧﻔﺴﺦ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﻭﻻ ﺗﺤﺮﻡ ﻫﻲ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻄﻠِّﻖ. ﺭﻭﺿﺔ ﺍﻟﻄﺎﻟﺒﻴﻦ ﻭﻋﻤﺪﺓ ﺍﻟﻤﻔﺘﻴﻦ ) –ﺝ

/ 3 ﺹ (267 ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻷﻭﻝ ﻓﻲ ﺃﺭﻛﺎﻧﻪ ﻭﺷﺮﻭﻃﻪ ﺃﻣﺎ ﺍﻷﺭﻛﺎﻥ ﻓﺜﻼﺛﺔ:. ﺍﻷﻭﻝ ﺍﻟﻤﺮﺿﻊ ﻭﻟﻪ ﺛﻼﺛﺔ ﺷﺮﻭﻁ ﺍﻷﻭﻝ ﻛﻮﻧﻪ ﺇﻣﺮﺃﺓ ﻓﻠﺒﻦ ﺍﻟﺒﻬﻴﻤﺔ ﻻ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻪ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﻓﻠﻮ ﺷﺮﺑﻪ ﺻﻐﻴﺮﺍﻥ ﻟﻢ ﻳﺜﺒﺖ ﺑﻴﻨﻬﻤﺎ ﺃﺧﻮﺓ ﻭﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻟﺒﻦ ﺍﻟﺮﺟﻞ ﺃﻳﻀﺎً ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﻭﻗﺎﻝ ﺍﻟﻜﺮﺍﺑﻴﺴﻲ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﻟﺒﻦ ﺍﻟﺨﻨﺜﻰ ﻻ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺃﻧﻮﺛﺘﻪ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺬﻫﺐ ﻓﻠﻮ ﺍﺭﺗﻀﻌﻪ ﺻﻐﻴﺮ ﺗﻮﻗﻒ ﻓﻲ ﺍﻟﺘﺤﺮﻳﻢ ﻓﺈﻥ ﺑﺎﻥ ﺃﻧﺜﻰ ﺣﺮﻡ ﻭﺇﻻ ﻓﻼ. ﺍﻟﺸﺮﻁ ﺍﻟﺜﺎﻧﻲ ﻛﻮﻧﻬﺎ ﺣﻴﺔ ﻓﻠﻮ ﺍﺭﺗﻀﻊ ﻣﻴﺘﺔ ﺃﻭ ﺣﻠﺐ ﻟﺒﻨﻬﺎ ﻭﻫﻲ ﻣﻴﺘﺔ ﻟﻢ ﻳﺘﻌﻠﻖ ﺑﻪ ﺗﺤﺮﻳﻢ ﻛﻤﺎ ﻻ ﺗﺜﺒﺖ ﺣﺮﻣﺔ ﺍﻟﻤﺼﺎﻫﺮﺓ ﺑﻮﻁﺀ ﺍﻟﻤﻴﺘﺔ.ﻭﻟﻮ ﺣﻠﺐ ﻟﺒﻦ ﺣﻴﺔ ﻭﺃﻭﺟﺮ ﺍﻟﺼﺒﻲ ﺑﻌﺪ ﻣﻮﺗﻬﺎ ﺣﺮﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻟﻤﻨﺼﻮﺹ. ﺍﻟﺸﺮﻁ ﺍﻟﺜﺎﻟﺚ ﻛﻮﻧﻬﺎ ﻣﺤﺘﻤﻠﺔ ﻟﻠﻮﻻﺩﺓ ﻓﻠﻮ ﻇﻬﺮ ﻟﺼﻐﻴﺮﺓ ﺩﻭﻥ ﺗﺴﻊ ﺳﻨﻴﻦ ﻟﺒﻦ ﻟﻢ ﻳﺤﺮﻡ ﻭﺇﻥ ﻛﺎﻧﺖ ﺑﻨﺖ ﺗﺴﻊ ﻭﺇﻥ ﻟﻢ ﻳﺤﻜﻢ ﺑﺒﻠﻮﻏﻬﺎ ﻷﻥ ﺍﺣﺘﻤﺎﻝ ﺍﻟﺒﻠﻮﻍ ﻗﺎﺋﻢ ﻭﺍﻟﺮﺿﺎﻉ ﻛﺎﻟﻨﺴﺐ ﻓﻜﻔﻰ ﻓﻴﻪ ﺍﻹﺣﺘﻤﺎﻝ. ﺳﻮﺍﺀ ﻛﺎﻧﺖ ﺍﻟﻤﺮﺿﻌﺔ ﻣﺰﻭﺟﺔ ﺃﻡ ﺑﻜﺮﺍً ﺃﻡ ﺑﺨﻼﻓﻬﻤﺎ ﻭﻗﻴﻞ ﻻ ﻳﺤﺮﻡ ﻟﺒﻦ ﺍﻟﺒﻜﺮ ﻭﺍﻟﺼﺤﻴﺢ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﻧﺺ ﻋﻠﻴﻪ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﻮﻳﻄﻲ

& Iqro'Net
Share:

Archives